Jumat, 18 November 2011

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pelapisan sosial merupakan gejala yang umum dalam suatu masyarakat dimana pasti selalu ada sesuatu yang dihargai. Sesuatu yang dihargai dalam masyarakat bisa berupa harta kekayaan, ilmu pengetahuan, atau kekuasaan.

Pelapisan sosial adalah suatu perbedaan tinggi dan rendahnya suatu kedudukan masyarakat atau seseorang dalam sekelompok masyarakat, atau kelompoknya. Banyak masyarakat ataupun kelompok masyarakat yang mempengaruhi perbedaan itu, seperti halnya dalam bidanh ekonomi, ilmu, dan kekuasaan.

Dalam hal kehidupan sebagai contoh yang sangat sederhana, misalnya masyarakat negara ini membedakan kaum atas ataupun bawah, dalam arti kaum atas sebagai penguasa tertinggi atau yg terkaya, sedangkan kalangan bawah tidak ada artinya di mata sang penguasa (pemerintah). Para petinggi negara lebih diunggulkan dan lebih di lindungi daripada kaum kalangan bawah. Para petinggi negara yang korupsi pun masih di beri keringanan yg seharusnya itu menjadi sesuatu hal yang tidak perlu untuk di lindungi atau di beri hukuman setimpal, karena mereka membuat kerugian yang besar atas penduduk dan negara ini. Sedangkan kalangan bawah yang hanya mencuri seekor ayam ataupun kambing yang tidak merugikan negara dan melakukan hal itu semata-mata untuk menghidupi keluarganya. Tapi kenapa kalangan bawah selalu di beri hukuman berat daripada kalangan atas yg merugikan masyarakat luas dan banyak. Itu tidak adil buat atas dan bawah.

Kesamaan derajat adalah suatu sifat yang menghubungankan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik, maksudnya orang sebagai anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan Negara. Dimana semua masyarakat yang berada di dalam sebuah kelompok ataupun sekumpulan kelompok tidak memperdulikan kekuasaan dan mempunyai hak yang sama sebagai warga dan negara ini, yg tidak ada sutu dinding pembatas antara kalangan atas dan kalangan bawah. 

Pelapisan masyarakat dan kesamaan derajat mempunyai hubungan yg sangat berkaitan satu sama lain. Dalam pelapisan sosial dapat di artikan bahwa masyarakat disini  masih membedakan kalangan atas dengan kalangan bawah, sedangkan kesamaan derajat tidak membedakan kalangan atas atau bawah.
Jadi dalam kesehariannya keduanya saling keterkaitan yang bertentangan, alangkah indahnya jika kita menghilangkan perbedaan derajat itu dan memperdulikan kesamaan derajat agar negara ini bisa tentram, adil dan makmur tanpa perbedaan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar