Jumat, 25 November 2011

Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan

Masyarakat dapat mempunyai arti yang luas dan sempit. Dalam arti luas masyarakat adalah hubungan-hubungan dalam hidup bersama dan tidak dibatasi oleh lingkungan, bangsa dan sebagainya. Atau dengan kata lain kebulatan dari semua perhubungan dalam hidup bermasyarakat. Dalam arti sempit masyarakat adalah sekelompok manusia yang dibatasi oleh aspek-aspek tertentu, misalnya territorial, bangsa, golongan dan sebagainya.
Masyarakat Pedesaan
Masyarakat pedesaan umumnya mempunyai ciri-ciri yang khas dan berbeda, dalam bermasyarakat mereka tak pernah memandang kekayaan, yang mereka tekankan hanya sosial di dalam diri dan lingkungan mereka. Hidup yang mereka pikirkan hanyalah hidup yang makmur dan sejahtera, bagi mereka mempunyai tetangga dan hidup rukun antar warga desa itu sudah cukup memuaskan karna mereka bisa saling menghormati antar sesama manusia.
Masyarakat Perkotaan
Masyarakat perkotaan umumnya bermewah-mewahan dan tak mau kalah saing dengan tetangganya, mereka ingin di lihat sebagai orang yang terpandang di kota. Tapi kalau kita lihat biasanya masyarakat perkotaan tidak mempunyai hubungan sosial yang tinggi, yang selalu mereka tekankan hanya jalan-jalan, liburan dan berfoya-foya.
Perbedaan Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan
Umumnya masyarakat perkotaan identik dengan kekayaan dan kemewah-mewahan, dan tak mempunyai sosial yang tinggi. Mereka hanya memikirkan diri mereka, keluarga mereka tanpa mengenal lingkungan sekitar,. Berbeda dengan masyarakat pedesaan yang meninggikan sosial mereka dibanding dengan harta, mereka adalah masyarakat yang peduli akan sesama manusia yang selalu mempererat tali silahturahmi.
Kesimpulan
Sebenarnya mereka sama , hanya satu perbedaan diantara mereka yang mengcirikan masyarakat pedesaan dan perkotaan yaitu sosial. Hidup bersosial itu penting, karna manusia adalah makhluk sosial, manusia tidak bisa hiduo tanpa bantuan orang lain, dan tidak mudah untuk berdiri sendiri. Dan seharusnya manusia mementingkan sosial itu agar tidak terpecah belah oleh zaman globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar