Latar Belakang Masalah
Desain Pemodelan Grafik adalah
suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi
gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak).
Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh computer. Kita kini sudah ketahui semua
bahwa grafika computer bukan hanya permodelan 2D saja yang hanya menggambarkan
sebuah penggambaran tampak depan,namun ada pula permodelan 3D yang lebih
terlihat seperti nyata. Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan
hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat mudah dipahami.
Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,thesis,serta
tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat
lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis.
Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk
2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan
digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan
perangkat komputer grafis 2D.
Identifikasi Masalah
Apa saja software yang digunakan
dalam desain pemodelan grafik yang sering digunakan saat ini?
Tujuan
Untuk mengetahui jenis-jenis software yang sering digunakan dalam desain pemodelan grafik.
Tujuan
Untuk mengetahui jenis-jenis software yang sering digunakan dalam desain pemodelan grafik.
Pengertian Desain Pemodelan Grafik
Desain grafis
Suatu bentuk komunikasi visual
yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif
mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil
abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam
desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis
dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis
mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya
tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Desain
grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah,
dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis
juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi
sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama
seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk
shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk
prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti
keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi
("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek
struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh
desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan
komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain
sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Pada pertengahan
1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi
perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi
image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan
kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang
untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika
tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media
tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. Seorang perancang grafis
menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan
selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya,
dengan tangan atau komputer.
Daftar Software Desain Grafis:
* Desktop publishing
* Adobe Photoshop
* Adobe Illustrator
* Adobe Indesign
* Page Maker
* Coreldraw
* GIMP
* Inkscape
* Adobe Freehand
* Adobe image ready
* CorelDraw
* Webdesign
* Macromedia Dreamweaver
* Microsoft Frontpage
* Notepad
* Adobe Photoshop
* Audiovisual
* Adobe After Effect
* Adobe Premier
* Final Cut
* Adobe Flash, atau sebelumnya
Macromedia Flash
* Ulead Video Studio
* Magic Movie Edit Pro
* Power Director
* Rendering 3 Dimensi
* 3D StudioMax
* Maya
* AutoCad
* Google SketchUp
Menurut wikipedia, desain
diartikan sebagai suatu seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian
kreatif lainnya. Dari pengertian tersebut dapat terlihat bahwa desain merupakan
suatu gambaran atau suatu pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan
sesuatu.
Pemodelan
Membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Desain Pemodelan Grafik
Desain permodelan grafik sangat
berkaitan dengan grafik komputer. Pemodelan adalah proses membentuk suatu
obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.
Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di
komputer.
Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1.Pemodelan geometris :
menciptakan model matematika dari objek-objek
2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra
yang lebih soliddari model yang telah dibentuk.
3.Animasi :
Menetapkan/menampilkan kembali
tingkah laku/behaviour objek Bergantung waktu.
Kerangka Grafik Komputer
1.Graphics Library/package
(contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics
System).
2.Application program memetakan
objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
3.Hasil dari interaksi user
menghasilkan/modifikasi citra.
4.Citra merupakan hasil akhir
dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.
Grafik
Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.
Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.
Software Pembuat Animasi
Di pasaran sekarang ini sudah
banyak beredar softwarwe pembuat animasi, baik itu 2D atau 3D. Untuk lebih
jelasnya perhatikan daftar dibawah ini yang disusun berdasarkan kriterianya.
1. Software Animasi 2 Dimensi:
1. Software Animasi 2 Dimensi:
Macromedia Flash, CoRETAS, Corel
R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an)
dll.
2. Software
Animasi 3 Dimensi:
Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema
4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings
3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll.
Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dengan kata lain memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Tipe-Tipe Citra
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dengan kata lain memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Tipe-Tipe Citra
1.
Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang
masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar
teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan
digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar
seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.
Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk
seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster
di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan
pada komputer atau game-game yang relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada
telepon genggam.
Vector graphics
Berbeda dengan pixel, grafik
vektor merupakan representasi dari gambar dengan berupa array pixel. Dimana
keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat pembesaran apapun
gambar yang dihasilkan tetap (tidak blur atau pecah).
Grafik Komputer 3D.
Grafik komputer 3D merupakan
suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam
melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan
nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D
ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.
Animasi Komputer.
Animasi Komputer adalah seni
membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya ini digunakan pada
film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non animasi juga banyak
yang menggunakan teknik ini, sebut saja Lord Of The Ring, Harry Potter,
dsb.
Berikut penjelasan detailnya mengenai sejarah grafik.
• Awal tahun 60-an dimulainya
model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
• 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
• 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer
• 1963 :
- Alat untuk menampilkan
Calligraphic (vector)
- Mouse oleh Douglas Englebert
• 1970 : Pierre B´eezier
mengembangkan kurva B´eezier
• 1972 : ditayangkannya
filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi computer
• 1974 : Ed Catmull mengembangkan
z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and
morphing
• 1976 : Jim Blinn mengembangkan
texture dan bump mapping
• 1977 : Film terkenal Star Wars
menggunakan grafik computer
• Pertengahan tahun 70-an hingga
80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi
realtime
• 1982 : Pengembangan teknologi
grafik komputer untuk menampilkan partikel
• 1984 : Grafik Komputer
digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
• 1986 : Pertama kalinya Film
hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award:
Luxo Jr. (Pixar).
• 1995 : Diproduksi fillm Toy
Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
• Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan
dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
• Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
• Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan
dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
• Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar